3, 85 juta Dosis Vaksin dari COVAX Tiba di Tanah Air

0
10

TABLOIDBINTANG. COM – Senin (26/4) malam kemarin Indonesia menyambut sekitar 3, 85 juta dosis vaksin darI COVAX. Batch pertama vaksin multilateral dari COVAX Facility diterima Indonesia pada tanggal 3 Maret 2021, sebesar 1, 1 juta. Dengan kedatangan batch kedua ini, Indonesia telah menerima vaksin Astra Zeneca dari COVAX Facility sebesar 4. 965. 600 juta dosis vaksin maka. Bila digabungkan antara vaksin dari jalur multilateral dan bilateral, sejauh ini vaksin yang telah tiba pada Indonesia sejumlah 67, 465, 600 dosis.

“Alhamdulliah pada malam hari ini Indonesia menerima batch-ke 2 vaksin dari salur multilateral yaitu dari COVAX Facility secara gratis, ” kata Menteri Luar Daerah Retno Marsudi saat menyambut kedatangan vaksin dari COVAX di Bandara Soekarno-Hatta.

Menlu Retno mengutarakan, dari sejak awal pandemic sampai sekarang pemerintah Indonesia terus mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam daerah sambil terus memperjuangkan paritas akses vaksin bagi seluruh negara. Indonesia aktif di dalam pembahasan isu vaksin negeri dan duduk sebagai lengah satu co-chairs dari COVAX AMC Engagement Group.

“Kita terus mencari jalan agar program vaksinasi nasional dapat terus berjalan. Terang dan malam, kita tetap melakukan diplomasi agar keinginan vaksin kita tercukupi, ” tuturnya.

Mencermati perkembangan Covid-19 di negeri, Menlu Retno mengingatkan harus jadi pelajaran. “Jangan sudah lengah. Perang kita melayani Covid-19 masih jauh dari selesai, ” tegas Menlu Retno.

Menlu Retno segera Pemerintah Nusantara tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), WHO, UNICEF dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). “Sekali teristimewa saya ingatkan, ditengah penambahan kasus Covid-19 di mana-mana, lakukan 3M dan Tanpa Mudik, ” kata Menteri Retno.

Tulisan ini diambil dari laman satgas covid19. go. id.