Mat The Wonder Boy Asal Gorontalo Digandeng Stinky Ramaikan Pentas Irama Indonesia

0
235

TABLOIDBINTANG. COM – Mat Arsjad namanya (19), penyanyi muda asal Gorontalo ini bak anak aneh. Menguasai alat musik piano serta gitar secara otodidak, memiliki pandangan emas dan teknik vokal mumpuni tanpa les vokal. Padahal keluarganya tak ada yang berkecimpung pada dunia musik maupun seni. Empuknya suara Mat suatu hari tak sengaja didengar Irwan Batara—salah satu pendiri grup band Stinky—yang zaman itu sedang memberikan les musik adiknya Mat.

Bahana merdu ini menggugah hati si musisi senior. Membuat Irwan bertanya saat itu juga pada ibunda Mat, yang akrab disapa Umi Ayya. “Suara siapa itu? ” Sang ibu menjawab, kalau pandangan remaja yang sedang bersenandung tersebut adalah suara putra pertamanya, Mat Muhammad Ashfihan. Saat itu juga Irwan jatuh cinta pada bahana Mat. Menurut prediksi Irwan, Mat bisa menjadi penyanyi muda menjanjikan.

Selama SMA, Mat memang sudah menyanyi dari kantin ke kafe. Namun belum terlintas merambah ke panggung hiburan nasional. Bagaimana caranya untuk sampai ke sana? Bukan suatu kebetulan, keadaan itu Irwan mendengar Mat bernyanyi. “Yuk, nyanyi bareng Stinky, ” ujar Irwan kepada Umi Ayya. Sebuah ajakan spontan yang tak diduga Mat maupun uminya. “Memang Mat diajak oleh Irwan Stinky, tapi tetap ada prosedural dengan harus diikuti. Tetap harus dilihat, kemampuan olah vokalnya seperti barang apa, cocok enggak, bisa mengimbangi enggak? Setelah dilihat oleh para awak Stinky, mereka menilai suara Mat bagus dan mampu mengimbangi Stinky. Setelah itu, baru Mat melangkah untuk take vokal (rekaman), ” cerita umi Ayya pada Tabloidbintang. com .

Andre Stinky sedia langsung untuk membantu proses rekaman Mat (Istimewa)

Rekaman dilakukan bulan Februari berarakan di studio Andre Taulany secara single perdananya bersama Stinky “Melepasmu”. Dalam sana Andre hadir langsung buat membantu proses rekaman. Rekaman di hadapan Andre ini nih, membuat Mat sempat gugup dan deg-degan. “Ada perasaan, saya bisa enggak, ya? Apalagi saya ini sungguh-sungguh baru banget masuk dunia entertainment, tidak pernah ikut ajang pekerjaan bakat sebelumnya. Lalu langsung rekaman sama Stinky. Saya siapa? Mampu enggak, ya? Adalah perasaan semacam itu, ” ungkap Mat yang punya hobi fotografi.

Namun namanya bakat tak bisa dibohongi. Hasratnya pada dunia seni serta niat membanggakan orang tua, menghabisi rasa gugup yang menggelayuti. Ya, di balik kecintaannya
di dunia seni, Mat ingin memeriksa kepada orang tuanya, meski tempat hidup terpisah dari orang usang karena perceraian, ia tetap bisa berprestasi serta membanggakan mereka secara karya-karyanya.

“Jadi, aku bercerai ketika Mat masih posisi 1 SD. Saya saat tersebut bekerja dan merintis usaha. Mat dibawa ke Gorontalo dan diasuh oleh Omanya. Sedih rasanya harus hidup terpisah, tapi bagaimana, saya harus merintis usaha demi anak-anak juga. Semua saya lakukan untuk membahagiakan mereka, ” bilang umi Ayya.

Umi Ayya yang kini menjadi pengusaha, mendapati kalau Mat memang punya kodrat di bidang seni. Tidak hanya menyanyi dan bermain musik. Tapi juga fotografi. Bahkan Mat telah memproduksi film pendeknya sendiri tahun 2016, “Cerita Mamat”. Mulanya, Umi Ayya sempat tak merestui Mat terjun ke dunia hiburan, sebab dianggap kurang menjanjikan dan tak pasti. Tetapi begitu melihat susunan demi karya Mat, kemudian diajak Stinky rekaman, Umi Ayya jadi ibu bisa melihat kebahagiaan terpancar dari mata anaknya. “Saya bekerja keras untuk membahagiakan anak. Kami lihat dia bahagia dan memang berbakat. Maka akhirnya saya izinkan, dengan syarat, dia tetap melaksanakan pendidikan formalnya di bidang Ekonomi, supaya nantinya ada yang melangsungkan usaha yang sudah saya wujud dengan jerih payah, ” sejumlah Umi Ayya.

Memiliki restu dari umi dan kini didukung penuh, kebahagiaan pun membuncah. Mat serius menggarap rekamannya, & dalam waktu dekat akan merilis single kedua. Di mana sang ibu sendiri yang menuliskan pembawaan untuknya. “Saya berterima kasih sepenuhnya, lahir batin sama umi, karena dia sudah melakukan segalanya untuk saya. Dan sekarang umi serupa mendukung saya sepenuhnya untuk lulus di bidang musik. Terima iba, umi. Untuk para penikmat irama Indonesia, saya harap kalian tidak hanya bisa menikmati musik sekadar, tetapi semoga juga bisa menilai musik nasional dan pelaku irama itu sendiri, ” ungkap Mat. Gimana manisnya suara Mat, coba deh dengerin “Melepasmu”, Mat Feat Stinky. & kalau kamu kepo, pengin memahami Mat secara personal, coba cek Instagramnya, @matarsjad . Terus ikuti kisah Mat pada tabloidbintang. com .