3 Cara Mengaplikasikan Face Oil

0
99

Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM – Face oil atau minyak untuk wajah seperti minyak argan, minyak jojoba, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji chia, dan minyak dari tumbuhan lainnya kian diminati karena efektif menutrisi kulit, melembutkan, dan mencerahkan. Jangan khawatir, beberapa jenis face oil bahkan baik untuk wajah berminyak dan berjerawat karena mengandung asam lemak omega-6 yang berdaya serap tinggi serta antibakteri. Kapan dan bagaimana seharusnya mengaplikasikan face oil? 

1. Sesuaikan face oil dengan  kondisi kulit

Sebaiknya pilih face oil sesuai kondisi kulit. Misalnya, Anda  merasa kulit mulai berkeriput, maka yang dibutuhkan adalah antioksidan tinggi untuk merangsang kembali produksi kolagen dan memperkuat elastisitas kulit. Minyak yang cocok untuk perawatan ini di antaranya minyak argan dan minyak biji rosehip. Bagi pemilik kulit kering, minyak zaitun, minyak jojoba, dan minyak kelapa  akan menghidrasi kulit Anda dengan kandungan oksidannya. Kulit berpori-pori besar, berminyak, dan kusam, bisa dibantu dengan minyak makadamia atau jojoba. Jenis minyak ini mengandung asam lemak yang mampu mengempas sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Untuk kulit berjerawat pilih minyak yang ringan, mengandung antibakteri, berdaya serap tinggi, serta mengandung vitamin A dan C untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Minyak argan, minyak jojoba, minyak biji rosehip, dan minyak biji anggur dapat menjadi pilihan. 

2. Baik digunakan pada pagi dan malam hari 

Face oil cukup digunakan pada pagi atau malam hari. Tidak perlu berlebihan. Selepas mandi pagi, segarkan wajah dengan toner terlebih dahulu, kemudian aplikasikan face oil. Tuang 2 sampai 3 tetes minyak ke telapak tangan, gosok sejenak telapak tangan hingga terasa hangat, kemudian tempelkan telapak tangan di wajah dan pijat wajah dengan gerakan memutar keluar. Gerakan ini membantu minyak menyerap ke kulit. Setelah itu lanjutkan rutinitas kecantikan lainnya. Seperti tetap menggunakan tabir surya, pelembap, alas bedak (bila diperlukan), dan kosmetik. Juga disarankan menggunakan face oil sebelum tidur, karena sel-sel kulit beregenerasi optimal saat kita beristirahat malam. Inilah saat yang tepat menutrisi ke kulit wajah. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian aplikasikan face oil secukupnya diiringi gerakan memijat. Keesokan paginya, Anda akan mendapati kulit wajah lebih lembut dan kenyal. 

3. Kombinasikan dengan pelembap atau alas bedak

 Kalau tidak punya banyak waktu di pagi hari untuk merawat dan merias wajah sekaligus, bisa memperpendek waktu dengan cara mencampurkan setetes face oil ke pelembap setiap kali mau menggunakannya. Oleskan perlahan-lahan ke permukaan wajah dan diamkan sejenak hingga menyerap.Selain dengan pelembap, juga bisa dikombinasikan dengan alas bedak.  Campurkan  setetes face oil ke alas bedak yang akan Anda gunakan. Lalu aplikasikan pada wajah seperti biasa. Hasilnya, alas bedak akan menempel lebih sempurna ke kulit. Anda tinggal memilih, lebih nyaman mengombinasikan face oil dengan moisturizer atau alas bedak. 

Rekomendasi